Mahasiswa Keluhkan Pagelaran, Dosen Tegaskan ini Sesuai Capaian Pembelajaran

Mahasiswa saat menampilkan seni tari (dokumentasi redaksi)

SEMARANG, lpmedukasi.com - Mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang menggelar acara Pagelaran Sendratasik dan Pagelaran Seni. Pagelaran ini diikuti oleh mahasiswa semester 2 dan 6 dari masing-masing program studi. Acara yang berkolaborasi dengan mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Sultan Agung (Unissula) Semarang berlangsung di Auditorium 2 Kampus 3 UIN Walisongo, pada Kamis (13/06/2024).

Zahra, salah satu mahasiswa Prodi PGMI UIN Walisongo Semarang, mengungkapkan bahwa pemberitahuan mengenai adanya pagelaran ini sangat mendadak. Menurutnya, tidak ada di kontrak belajar bahwa akan ada pagelaran sebagai penilaian untuk Ujian Akhir Semester (UAS).

"Seharusnya di kontrak belajar kami, di akhir semester akan diadakan kunjungan, bukan pagelaran. Namun, tiba-tiba hal itu dibatalkan. Satu bulan sebelumnya, angkatan kami ditugaskan untuk menampilkan seni tari dan musik. Mau tidak mau, kami harus menyempatkan waktu untuk latihan di sela-sela jam mata kuliah demi keberlangsungan acara ini dan sebagai syarat penilaian UAS," jelasnya.

Selanjutnya Ia juga menambahkan bahwa sebagian mahasiswa merasa terbebani karena adanya persiapan pagelaran.

"Jujur, saya dan teman-teman merasa terbebani karena persiapan acara ini memakan waktu yang kurang efisien, sehingga menyebabkan penundaan Ujian Akhir Semester (UAS) untuk mata kuliah lainnya," tambahnya.

Menanggapi hal tersebut Arsan Shanie selaku penanggung jawab pagelaran saat dimintai kejelasan oleh tim edukasi, Ia menginstruksikan bahwa pernyataan dari mahasiswa tersebut tidak benar.

"Sudah sesuai dengan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) dari masing-masing mata kuliah yang ada di Prodi PGMI dan PIAUD. Pagelaran ini sudah disampaikan saat kontrak belajar bahwa nanti kita akan melaksanakan pagelaran dan pameran sekalian,” ungkapnya. 

Arsan juga menyampaikan bahwa  pagelaran seperti ini sudah pernah dilaksanakan di semester 2.

"Sebenarnya, mahasiswa semester 6 yang mengikuti acara ini sudah pernah mengikuti pagelaran di semester 2 pada mata kuliah seni rupa. Ini memang sistem yang ada di program studi PGMI, sehingga seharusnya mereka sudah memiliki pandangan dari pagelaran sebelumnya," tegasnya.


Reporter: Rintan (Kru Magang 23)

Editor: Faizul

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak