Widodo Febri Utomo Berikan Pelatihan Desain dan Layout pada PJD LPM Edukasi

Pelatihan desain oleh Widodo Febri Utomo, pada Sabtu (14/09/2024): doc.nurla

SEMARANG, lpmedukasi.com  - Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Edukasi menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik Dasar (PJD) yang berlangsung selama tiga hari di area kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang. Hari ke dua acara PJD dilaksanakan di Gedung N4 Kampus 2 UIN Walisongo Semarang, Sabtu (14/9/2024). 

Salah satu rangkaian pelatihan PJD kali ini, adalah Pelatihan Desain. Pelatihan desain tersebut turut menghadirkan Website Developer dan Desainer, Widodo Febri Utomo sebagai pemateri dalam pelatihan desain dan layout

Point yang disampaikan Widodo pada pelatihan kali ini berupa urgensi penyesuaian font, warna, icon, dan elemen dalam suatu desain sehingga menghasilkan karya yang menarik. 

Dalam pelatihan ini Widodo memberikan informasi serta arahan terkait aplikasi Adobe Ilustrator (AI). Dengan aplikasi ini diharapkan peserta mampu membuat desain majalah yang dapat memikat minat pembaca. 

Widodo menerangkan terkait elemen, serta prinsip desain, klasifikasi font, anatomi font, teori warna, hingga situs-situs pembantu dalam pengombinasian warna pada desain majalah dan layout

"Dengan memahami berbagai dasar ini, kalian tidak perlu pusing dalam menentukan dan mengombinasikan warna background, element, hingga font yang sesuai dalam pembuatan cover dan layout majalah," ucap Widodo. 

Dalam pelatihan desain dan layout, peserta juga diberikan kesempatan untuk praktik dan mengonsep layout majalah berupa cover, salam redaksi, serta daftar isi berdasarkan tema yang sudah ditentukan oleh pemateri. 

"Selain memahami kombinasi pada desain,  kalian juga perlu mengetahui berbagai tools yang ada dalam aplikasi desain yang kalian gunakan," ucapnya.

Lanjut, Widodo juga menekankan bahwa dalam membuat suatu desain perlu untuk memahami cara kerja serta kelebihan kekurangan dari aplikasi yang digunakan. Selain itu, juga perlu mengetahui situs yang dapat mengatasi kekurangan dari aplikasi desain tersebut. 

"Ketika membuat suatu desain perlu menggunakan ilustrasi yang sesuai dengan tema karya yang diangkat, sehingga dapat mendapatkan kesan hidup dalam majalah atau karyanya," ujarnya. 

Setelah membahas mengenai prinsip dan juga prioritas dalam desain, Widodo melanjutkan penjabaran terkait benefit paham ilmu desain dalam kehidupan sekarang.

"Selain bermanfaat untuk membuat desain atau layout, diantara manfaat mempelajari bidang desain sendiri yaitu untuk komersial atau bisnis. Karya yang telah dibuat akan dipublikasikan ke situs berbayar, sehingga teman-teman bisa mendapatkan tambahan uang dari cara tersebut," pungkasnya.

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal bagi banyak individu, terutama peserta PJD untuk lebih mendalami dunia desain - layout dan memanfaatkan teknologi terbaru dalam meningkatkan kualitas karya tulis mereka.


Reporter: Firda (Kru Magang 23)

Editor: Agustin

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak